102. At Takatsur (Bermegah-megah)


Surat At Takatsur diwahyukan di Mekah sesudah Surat Al Kautsar (108), terdiri dari 8 ayat, 6 baris, bagian dari juz 30 atau juz amma.
surat at takatsur
1.  Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, 2.  Sampai kamu masuk ke dalam kubur. 3.  Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), 4.  Dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.5.  Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, 6.  Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, 7.  Dan Sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. 8.  Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).
Dalam Surat At-Takaatsur Alloh memperingatkan manusia Janganlah begitu (jangan bermegah-megahan) sebanyak 3 kali. yang 2 kali berada pada ayat yang berurutan (ayat 3 dan 4).
Jumlah huruf Alif dalam surat At-Takatsur ada 13, Huruf Lam = 19,  Huruf Ta 9x, Tsa 4 x, Kaf =5, Ro = 5, Huruf Ba 1, Ja = 1, ha = 2, kho = 0, da = 0, dza = 1, za = 1, sin = 3, syin = 0, shod = 0, dho = 0, tho = 0, dzo = 0, ain = 7, ghin = 0, fa = 2, qof = 3, mim = 13, nun = 11, wau = 9, HA = 2, ya = 8

Tentang ayimass

Seorang hamba Alloh yang tengah berjalan menuju Alam Goib
Pos ini dipublikasikan di juz amma, pedoman hidup, surat makiyah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke 102. At Takatsur (Bermegah-megah)

  1. rofiii berkata:

    mksh yaa atas infoo.nya

Tinggalkan komentar